Akses jaringan internet di lingkungan kerja, serta kebebasan dalam menggunakan perangkat seperti MP3, USB, flashdisk, CD dan lainnya di kantor menjadikan kejadian pencurian data rentan terjadi. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengambil sejumlah langkah untuk mengamankan data di lingkungan kerja.
Data merupakan sesuatu yang sangat vital bagi bisnis. Jika data sensitif sampai jatuh ke tangan yang salah dan kemudian disalahgunakan, dampaknya bisa sangat buruk, seperti pelanggan atau nasabah diambil alih, rahasia perusahaan diketahui, sehingga dapat mempengaruhi daya saing bisnis dalam industri.
Berikut ini adalah tahap-tahap yang dapat Anda lakukan dalam mengelola risiko keamanan data di lingkungan kerja.
1. Pengukuran Risiko
Pertama, lakukan risk assessment, yakni pengukuran risiko. Lakukan analisa mengenai risiko-risiko data apa saja yang mungkin dicuri, peran karyawan mana saja yang terekspos terhadap risiko, juga analisa bagaimana kebijakan teknologi di lingkungan kerja.
Pada umumnya, data-data yang rentan untuk dicuri antara lain adalah:
- Informasi rahasia
- Rahasia dagang
- Informasi hubungan dengan pelanggan, supplier, dan partner bisnis lainnya
- Informasi hubungan dengan prospek pelanggan
- Informasi mengenai tenaga kerja, dan skill-nya
2. Analisa dan Langkah Mengelola Risiko
Selanjutnya, analisa karyawan mana saja yang berpotensi untuk menghadirkan risiko tersebut. Biasanya adalah karyawan yang bisa langsung mengakses data dan informasi tersebut di atas, yang pada umumnya tidak tersedia secara bebas di perusahaan. Untuk mencegah risiko yang datangnya dari karyawan, maka dalam klausul kontrak dapat dimasukkan mengenai batasan-batasan bagi karyawan dalam mengakses dan memperlakukan data dan informasi tersebut.
Misalnya, karyawan tidak diperkenankan untuk membawa data dan informasi keluar dari kantor, kemudian seluruh hasil pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan adalah milik kantor dan tidak boleh dibawa ketika karyawan sudah tidak bekerja disana lagi, tidak boleh dibagi dengan orang lain, dan sebagainya. Anda juga harus membuat konsekuensi yang jelas mengenai pelanggaran peraturan ini.
Lalu bagaimana dengan kebijakan mengenai penggunaan hardware dan software yang selama ini dikeluarkan oleh kantor? Apakah kontrolnya sudah efektif? Hardware dan software merupakan perangkat yang menyimpan data-data Anda, sehingga perlu diterapkan kebijakan dan kontrol yang ketat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil dalam mengelola risiko keamanan data.
Selalu gunakan password untuk mengakses database, dokumen dan file yang mengandung data dan informasi yang sensitif. Ini perlu untuk membatasi supaya hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengakses data dan informasi tersebut.
Amankan jaringan Anda dengan firewall dan antivirus, untuk mencegah pihak luar atau hacker menyusup ke dalam jaringan kantor Anda; mengirimkan trojan, virus atau spyware; dan mencuri data dan informasi yang sensitif.
Terapkan kebijakan penggunaan hardware yang ketat, seperti melarang perangkat eksternal seperti flash disk, MP3 player, hard disk external, CD, dan sejenisnya yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Jangan ada CD/DVD writer, kecuali beberapa PC yang digunakan khusus untuk itu dan dikelola administrator. .
Anda juga dapat mengurangi risiko dalam menyimpan data sensitif dengan cara membuang data-data yang sudah tidak digunakan lagi. Namun Anda harus menyortir dengan ketat, jangan sampai data yang masih diperlukan oleh divisi lain terbuang. Sesuaikan juga dengan regulasi, yang mungkin mensyaratkan Anda untuk menyimpan data-data tertentu.
Kadang, perusahaan juga punya partner outsourcing yang menyimpan data-data, termasuk data sensitif. Jika demikian, maka tugas perusahaan harus menjamin bahwa partner outsourcing dapat menjaga data-data tersebut dengan serius. Mereka juga harus memahami konsekuensi jika data tersebut bocor ke tempat lain.
Data sensitif biasanya dijaga oleh karyawan-karyawan tertentu saja yang berkepentingan. Karena data itu begitu penting, oleh karena itu Anda harus memberikan reward yang pantas juga bagi karyawan tersebut, supaya memastikan bahwa karyawan tersebut menjaga datanya dengan baik. Jika tidak demikian, maka karyawan tersebut bisa saja lengah atau malah tergoda untuk menjual data ke pihak lain.
Terakhir, masalah mengamankan data ini, karena sifatnya strategis, maka harus dibangun awareness kepada seluruh karyawan di organisasi. Perusahaan harus menekankan pentingnya menjaga data sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang sudah berlaku, serta konsekuensinya jika terjadi pelanggaran.
Manajemen Risiko Keamanan Data
Posted by
Miftakh Taptozani
at
3:51 PM
0
comments
Labels:
Information Security,
ISMS,
ISO 27001,
IT Governance

[Oracle EBS] Fixed Asset Error APP-OFA-48392 in Asset Workbench
Posted by
Miftakh Taptozani
at
3:39 PM
We have some issue when attempting to add a new asset in Assets Workbench, the following error occurs.
ERROR
-----------------------
APP-OFA-48392 Assets Transaction upgrade is either running or incomplete for one or more reporting currencies associated with primary depreciation book. You must first complete the upgrade before entering transactions in this book
ROOT CAUSE :
There were already assets in the FA Book when the MRC created.
SOLUTION :
0
comments
Labels:
EBS,
Fixed Asset,
Oracle

[Linux] Upgrade PHP 5 to PHP 7 using Yum on Oracle RHEL 6.3 Santiago
Posted by
Miftakh Taptozani
at
3:08 PM
My Apache Web Server was running PHP version 5.3. But my developer need to use PHP 7.0, because they running on Laravel Framework 5.5. So I decided to upgrade PHP 5.3 to PHP 7.0. Although this is a development web server, I don’t want to disturb the existing setup and also, I don’t want to have multiple versions on PHP installed. So it should be a pure upgrade of PHP.
My environment is :
Here's what I've done to upgrade PHP.
1. Configure REMI Repository
2. Activate REMI Repository
3. Upgrade PHP 5.3 to PHP 7.0
4. Verify the PHP version
5. Restart Web Server
My environment is :
[root@devapp etc]# cat /etc/redhat-releaseRed Hat Enterprise Linux Server release 6.3 (Santiago)
Here's what I've done to upgrade PHP.
1. Configure REMI Repository
# wget https://dl.fedoraproject.org/pub/epel/6/x86_64/epel-release-6-8.noarch.rpm
# rpm -Uvh epel-release-6-8.noarch.rpm
# wget http://rpms.famillecollet.com/enterprise/remi-release-6.rpm
# rpm -Uvh remi-release-6.rpm
2. Activate REMI Repository
# yum repolist
# yum-config-manager --enable remi-php70
# yum --showduplicates list php
# yum update php
4. Verify the PHP version
# php -v
5. Restart Web Server
# service httpd restart
0
comments
Labels:
Apache,
Linux,
PHP,
Web Server

[Linux] Install php-mbstring On ORHEL 6.3
Posted by
Miftakh Taptozani
at
11:04 AM
I am running Oracle Red Hat Enterprise Linux Server release 6.3 (Santiago) with PHP Version 5.3.3 and Apache/2.2.15 (Oracle) installed.
Problem :
Recently, I have a new apps and got some errors:
Fatal
error: Call to undefined function mb_detect_encoding()
Cause:
Solution:
So here is the solution.
1. Check phpinfo();
It seem that extension does not appear in phpinfo.
2. Check Extension
[root@intranet newapps]# rpm -qa | grep php-mbstring
[root@intranet newapps]# rpm -qa | grep php
php-pear-1.9.4-4.el6.noarch
php-ldap-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-common-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-xml-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-cli-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-gd-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-pdo-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-devel-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
mbstring extension is not currently installed
3. Search On Yum
[root@intranet newapps]# yum search php-mbstring
Loaded plugins: refresh-packagekit, security
==================================== N/S Matched: php-mbstring ====================================
php-mbstring.x86_64 : A module for PHP applications which need multi-byte string handling
4. Install mbstring extension
[root@intranet newapps]# yum install php-mbstring
5. Restart apache
[root@intranet newapps]# service httpd restart
6. Check phpinfo();
mbstring already installed and appear in phpinfo();
We can edit the mbstring value in /etc/php.ini
7. Check the new apps
Problem :
Recently, I have a new apps and got some errors:
Fatal
error: Call to undefined function mb_detect_encoding()
Cause:
This error occurs because the new application requires mbstring extension.
Solution:
So here is the solution.
1. Check phpinfo();
It seem that extension does not appear in phpinfo.
2. Check Extension
[root@intranet newapps]# rpm -qa | grep php-mbstring
[root@intranet newapps]# rpm -qa | grep php
php-pear-1.9.4-4.el6.noarch
php-ldap-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-common-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-xml-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-cli-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-gd-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-pdo-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-devel-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
php-5.3.3-3.el6_2.8.x86_64
mbstring extension is not currently installed
3. Search On Yum
[root@intranet newapps]# yum search php-mbstring
Loaded plugins: refresh-packagekit, security
==================================== N/S Matched: php-mbstring ====================================
php-mbstring.x86_64 : A module for PHP applications which need multi-byte string handling
4. Install mbstring extension
[root@intranet newapps]# yum install php-mbstring
5. Restart apache
[root@intranet newapps]# service httpd restart
6. Check phpinfo();
mbstring already installed and appear in phpinfo();
We can edit the mbstring value in /etc/php.ini
7. Check the new apps
0
comments
Labels:
Apache,
Linux,
PHP,
Web Server

[Oracle EBS] ORA-01591 In-Doubt Transactions
Posted by
Miftakh Taptozani
at
3:19 PM
Problem :
ORA-01591: lock held by in-doubt distributed transaction.
Saat sedang melakukan query ke database oracle untuk mengambil data tertentu dengan filter/kondisi where, tau2 terjadi error. Padahal itu adalah query dengan kondisi where biasa dan tidak terlalu rumit. Saat dicoba query tanpa kondisi where, tidak terjadi error. Errornya adalah :
ORA-01591: lock held by in-doubt distributed transaction 9.4.660456
Menurut oracle, penjelasan mengenai ORA-01591, adalah sebagai berikut:
Cause :ORA-01591 lock held by in-doubt distributed transaction string
Cause: An attempt was made to access resource that is locked by a dead two-phase commit transaction that is in prepared state.
Action: The database administrator should query the PENDING_TRANS$ and related tables, and attempt to repair network connection(s) to coordinator and commit point. If timely repair is not possible, the database administrator should contact the database administrator at the commit point if known or the end user for correct outcome, or use heuristic default if given to issue a heuristic COMMIT or ABORT command to finalize the local portion of the distributed transaction.
Kondisi error tersebut disebut dengan In-Doubt Transactions. Error terjadi saat kita mempunyai 2 buah proses transaction yang bersamaan dan saling menunggu untuk melakukan commit atau rollback sedangkan transaction yang ditunggu sudah crash/dead sehingga kondisi commit tidak pernah terjadi sehingga terjadilah kondisi lock. Hal itu terjadi karena :
– Mesin server yang menjalankan Oracle Database crash
– Koneksi Jaringan yang terputus saat terjadi proses transaction
– Kesalahan Aplikasi.
Penjelasan lebih lengkap bisa dilihat di Oracle® Database Administrator’s Guide
Solution :
1. Masuk ke sqlplus atau toad atau tools lainnya, connect sebagai sysdba.
2. Jalankan querty untuk melakukan pengecekan transaction id
SQL> select local_tran_id from dba_2pc_pending;
LOCAL_TRAN_ID
———————
1.9.4.660456
3. Lakukan rollback.
SQL> ROLLBACK FORCE '9.4.660456';
Rollback complete.
SQL> EXECUTE dbms_transaction.purge_lost_db_entry('9.4.660456');
PL/SQL procedure successfully completed.
SQL> commit;
Commit complete.
4. Cek lagi
SQL> select local_tran_id from dba_2pc_pending;
no rows selected
Oke done. Problem solved.
0
comments
Labels:
DBA,
EBS,
Oracle,
sysadmin,
System Administrator

[Oracle EBS] Query to list Reports assigned to a Responsibility
Posted by
Miftakh Taptozani
at
11:52 AM
On Oracle E Business Suites, if we want to view any report that attaches to a responsibilities, we can use this following Query.
For example, we want to view the report that attaches to Global HRMS Manager Responsibilities. Just fill the value from responsibility_name variables into Global HRMS Manager :
Than the result is :
SELECT
fcpl.user_concurrent_program_name
"REPORT NAME"
,
fnrtl.responsibility_name, frg.request_group_name,
fcp.concurrent_program_name
"CONCURRENT PROGRAM SHORT NAME"
FROM
apps.fnd_request_groups frg,
apps.fnd_request_group_units frgu,
apps.fnd_concurrent_programs fcp,
apps.fnd_concurrent_programs_tl fcpl,
apps.fnd_executables fe,
apps.fnd_responsibility fnr,
apps.fnd_responsibility_tl fnrtl
WHERE
frg.application_id = frgu.application_id
AND
frg.request_group_id = frgu.request_group_id
AND
frg.request_group_id = fnr.request_group_id
AND
frg.application_id = fnr.application_id
AND
fnr.responsibility_id = fnrtl.responsibility_id
AND
frgu.request_unit_id = fcp.concurrent_program_id
AND
frgu.unit_application_id = fcp.application_id
AND
fcp.concurrent_program_id = fcpl.concurrent_program_id
AND
fe.execution_method_code
LIKE
'P'
--'Oracle Reports'
AND
fcp.executable_id = fe.executable_id
AND
fe.application_id = fcp.executable_application_id
AND
fnrtl.responsibility_name
LIKE
'&Responsibility_Name'
-- Example Resp. Name : Inventory, Vision Operations (USA)
AND
fnrtl.LANGUAGE =
'US'
AND
fcpl.LANGUAGE =
'US'
;
For example, we want to view the report that attaches to Global HRMS Manager Responsibilities. Just fill the value from responsibility_name variables into Global HRMS Manager :
Than the result is :
Untuk melihat Report apa saja yang menempel pada suatu responsibilities bisa menggunakan Query diatas.
0
comments
Labels:
DBA,
EBS,
Oracle,
sysadmin,
System Administrator

[Oracle EBS] Query Period Status
Posted by
Miftakh Taptozani
at
12:00 PM

SELECT
gs.period_name, fa.application_name, gs.closing_status, gs.set_of_books_id,
DECODE (gs.closing_status,
'C'
,
'Closed'
,
'O'
,
'Open'
,
'F'
,
'Future'
,
'W'
,
'Closed Pending'
,
'N'
,
'Never Opened'
,
'P'
,
'Permanently Closed'
)
"PERIOD_CLOSING_STATUS"
FROM
gl.gl_period_statuses gs, apps.fnd_application_tl fa
WHERE
fa.application_id = gs.application_id
AND
fa.application_name
IN
(
'Payables'
,
'Receivables'
,
'General Ledger'
)
--fill with oracle module
AND
gs.set_of_books_id = :set_of_books_d
--fill with set of books id
AND
gs.period_name
in
(
'OCT-14'
,
'SEP-14'
)
--fill with Period Nam
and
closing_status
in
(
'O'
,
'W'
,
'C'
)
group
by
gs.Period_name, fa.application_name, gs.closing_status, gs.set_of_books_id
order
by
Period_name
desc
0
comments
Labels:
DBA,
EBS,
Oracle,
sysadmin,
System Administrator

Subscribe to:
Posts (Atom)